Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tanjung Harapan. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 45 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 45 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,581 berada pada taraf sedang.
Kata kunci: hubungan motivasi belajar, hasil belajar, matematika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dimyati, Mudjiono. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rehman, et al. 2013. The Impact Of Motivation On Learning Of Secondary School Students In Karachi. Educational Research Internasional.
Sardiman. 2012. Motivasi dan Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amir. 2017. Hubungan Motivasi belajar dengan Hasil Belajar IPA. Universitas Pendidikan Indonesia Jurnal Volume 3 Nomor 2 Tahun 2017.
Artawan. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal PGSD Volume 5 Nomor 2 Tahun 2017.
Elvandari. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Semarang Jurnal Inovasi Pendidikan Volume 10 Nomor 1 Tahun 2017.
Fauziyah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap hasil belajar pada tema 8 (ekosistem) siswa kelas V SDN Wiyung 1 Surabaya.(Skripsi). Universitas Negeri Surabaya. Diakses melalui Jurnal Pendidikan PGSD. Volume 05 nomor 03 TAHUN 2017.
Sisdiknas. 2013. Undang-undang No 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Putra. 2017. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS dengan Konvariabel Motivasi Prestasi Pada Siswa Kelas IV. Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal PGSD Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016.
Rachnarani. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keatifan Belajar Siswa. Universitas Nusantra PGRI Kediri.
Susanti, Vitria. 2017. Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Energi Alternatif Dan Penggunaannya Pada Siswa Kelas IV SDN Dermo 2 Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 Tahun 2017.
Trihayu. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SD Regunung 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Universitas Kristen Satya Wacana Semarang. Jurnal Pendidikan Ke Sd An. Vol 2 No 3, Mei 2016. Hlm. 379-386.
Refbacks
- There are currently no refbacks.