PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The problem of this research is the low learning result of students in SD Negeri 1 Tanjung Sari. The purpose of this study was to know the effect of cooperative learning model type picture and picture towards learning result. The research was quantitative research with pre-experimental design with the form of one group pretest post-test design. The population consist of 56 students and there are 29 students as respondent of fourth grade students of SD Negeri 1 Tanjung Sari was taken with purposive sampling technique. The data collecting method was test and used t and simple regression linear test as the data analysis. The result of this research showed that there are effect of cooperative learning model type picture and picture towards learning result in fourth grade students of SD Negeri 1 Tanjung Sari.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar tematik peserta didik di SD Negeri 1 Tanjung Sari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik. Metode peneliti ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test post-test design. Populasi terdiri dari 56 peserta didik serta sampel terdiri dari 29 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Sari dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan dianalisis dengan uji t dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Sari.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran picture and picture, pengaruh.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arends, Richard. 2012. Learning to Teach Tenth Edition. New York: McGraw Hill Education.
Budiningsih, Asri . 2012 . Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi. 2013. Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Teredia di
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Yaumil, et al. 2017. The Effect of Picture and Picture Learning Model Towards Science Outcomes for Students with Hearing Impairment.
Refbacks
- There are currently no refbacks.