PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Dian Meliasari, Sugiyanto Sugiyanto, Erni Erni

Abstract

The problem of the research is the low of learning outcomes. This research aimed to determine the effect of using realia media towards students’ learning outcomes. The research method used the experimental method. The type of the research was quasi experimental group by Non equivalent control group. The population of the research was 60 students. The sample of the research used the type of total sampling technique. The subject of the research was used class 1 A and 1 B, as much as 60 students, the data collecting technique used test and observation, the data was analyzed by using simple linear regression formula. Based on the results of the research showed that there was the effect of using realia media towards students’ leaning outcomes in thematic learning at the one grade of SD Negeri 2 Gunung Agung Lampung Tengah in the academic year 2018/2019.

Masalah Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment grup, dengan desain Noneequivalent control grup. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 peserta didik. Sampel pada penelitian ini menggunakan jenis teknik total samping. Subjek penelitian yang digunakan kelas 1A dan 1B, sebanyak 60 peserta didik, teknik pengumpulan data menggunakan test dan observasi, data di analisis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas 1 SD Negeri 2 Gunung Agung Lampung Tengah Tahun Ajaran 2019/2019.

Kata kunci: hasil belajar, media realia, tematik

References

Alvionita. 2014 .Penggunaan Media Realia dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Operasi hitung volume 3 no. 5. Jurnal.

Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Karsono. 2014. Penggunaan Media Realia untuk meningkatkan Kualitas Hasil Belajar IPA Materi Tanah volume 2 No. 3. Jurnal.

Kresnadi. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematik Peserta didik SD Negeri Pontianak.volume 3 No. 2. Jurnal.

Ngalimun. 2017. Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Dua Satria offset.

Ningrum. 2016. Penggunaan Media Realia Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Together (NHT) pada Pembelajaan Matematika Peserta Didik MIN Masjid Raya Banda Aceh. Jurnal.

Pribadi, Benny. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Belabat Dedikasi Prima.

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran.Jakarta:Kencana Prenada Media.

Sarini, Widya. 2013.Penggunaan Media Realia Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I SDN Sengarau Kabupaten Sambas. Volume 2 No. 4. Jurnal.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.