Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar

Dewi Erowati, Yulina H., Rapani Rapani

Abstract

This research aimed were to analysis and find out the positive effect and significant of implementation model cooperative learning type picture and picture opposed to theme 7 sub theme 2. The method of this research was experimental with non equivalent control group design as a design of the research. The data analyzed by using t-test pooled varians. The result of this research showing that there is significant effect between model of cooperative learning type picture and picture to the students learning result of theme 7 sub theme 2 IV grade of elementary school 6 west metro with tcount as big as 3.544 > ttable  as big as 2.012 (with α = 0.05). Which is N-Gain experiment class acquired 0.57and include to average category.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar tema 7 subtema 2 peserta didik. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar tema 7 subtema 2 peserta didik kelas 4 SD Negeri 6 Metro Barat dengan thitung sebesar 3,544 > ttabel sebesar 2,012 (dengan α = 0,05). Dimana diperoleh N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,57 dan masuk ke dalam kategori sedang.

Kata kunci: kooperatif, model picture and picture, hasil belajar

References

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Fatimah, et al. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. Vol. 1, No. 2. 19-25.

Fauziah, et al. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Materi Peninggalan Sejarah di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 2, No. 3. 79-87.

Nurrohima, et al. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match dengan Picture and Picture pada Siswa Kelas IV. Jurnal Profesi Keguruan. Vol 3, No. 2. 160-169.

Mardalis. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Rahmawati, et al. 2016. Penerapan Metode Picture and Picture dan Permainan Jelajah EYD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1. 891-900.

Rohima. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. JLPP. Vol. 6, No.5. 1-11.

Sari, Juwita. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema "Lingkungan Sahabat Kita”. PTA Universitas Trunojoyo. Vol. 7, No. 6. 1-11.

Septiana, Wildan. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Persebaran Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya dalam Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2, No. 1. 2181-2190.

Nova. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantu Handout Pada Aplikasi Hasil Penelitian Bioherbisida. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Vol. 2, No. 1. 372-378.

Permendikbud. 2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Putra, Sepdian. 2018. Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV. Jurnal Pedagogi. Vol.7, No. 6. 1-15.

Septaningsih. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi. Vol. 8, No. 2. 1-15.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syafarianti, Yully. 2016. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa SD. JLPP. Vol. 5, No. 8. 1-10.

Trianto. 2011.Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uchi, Atika. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi. Vol. 8, No. 3. 1-15.

Utaminingsih, Tri. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Picture and Picture Di Sekolah Dasar. JLPP. Vol. 7, No. 4. 1-12.

Wiyati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Primary PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 7, No. 1. 88-95.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.