Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA peserta didik masih rendah pada kelas V SD Negeri 1 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe SAVI terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Surabaya, dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan nilai fokus pembelajaran terendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dan positif dari penggunaan model kooperatif tipe SAVI terhadap hasil belajar IPA peserta didik.
Kata kunci: Model kooperatif tipe SAVI, hasil belajar, IPA.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wardani, Dyayu Kartika. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model SAVI Dengan Multimedia Pada Siswa Kelas IV A Wonosari 03 Semarang. Skripsi. Jawa Tengah: Universitas Negeri Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.