Pengaruh Model Blended Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
The purpose of the research was to find out the positive and significant influence on the application of the blended learning model on Learning Results Student in the fifth grade. This was experimental research. The research design used was non-equivalent control group design. The study population is up to 108 students. The sample was determined by using purposive sampling with 54 students. The instrument used test. The data analysis used independent statistical sample t-test. The results showed that there was a positive and significant influence of the blended learning model to learning outcomes with N-Gain 0.56 included in the medium category indicated tcount 3.396>ttable= 2.000 (with α = 0.05).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model blended learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design.Populasi penelitian berjumlah 108 peserta didik.Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling purposive dengan jumlah 54 peserta didik.Instrumen penelitian yang digunakan soal tes.Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model blended learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan N-Gain 0.56 yang termasuk dalam kategori sedang ditunujukan dengan thitung3.396 > ttabel2.000 (dengan α = 0,05).
Kata kunci: model blended learning, hasil belajar, tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ekayati, Rini. 2017. Optimalisasi Aplikasi Edmodo dalam Meningkatkan Kemandirian dan Kesadaran Berbahasa.Jurnal EduTech. Vol. 3, No. 1.hlm. 148-164.
Elizabeth R. Kazakoff. 2017. Elementary school-wide implementation of a blended learning program for reading intervention. Journal of Education Research. ISSN: 0022-0671. hlm. 10-18. Dapat diakses di http://www.tandfonline.com/loi/vjer20.
Hidayah, Ratna. 2017. Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cedekia.Vol. 01, No. 02.hlm. 127-133.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya. 298 hlm.
Hikmawan dan Sarino. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen. Vol. 3.No. 1. hlm. 226-233.
Idris, Husni. 2011. Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Iqra’. Vol.5, No. 1. hlm. 61-73.
IG. A. R. Krisnandariputri. 2015. Pengaruh Model Blended Learning terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar tentang Demam Berdarah. Jurnal Media Medika. Vol. 4, No. 4. hlm.948-955.
Istiningsih, et al. 2015. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen. Vol. 1, No. 1.hlm. 49-56.
Khoiroh, Ni’matul. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan. Vol. 10, No. 2. hlm.97-110.
Nurkamaliah, Arini. 2018. Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pekalongan. Jurnal Guru Kita. Vol. 1, No. 3. hlm.56-68.
Sjukur. 2012. The Effects of Blended Learning on The Learning Motivation and Achievement Students. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2, No. 3. hlm. 370-377.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.334 hlm.
Susandi, Ari. 2017. The Influence Model Blended Learning of Social Sciences Subjects Respecting Indonesian Ethnic and Cultural Diversity to Increasing Activity and Learning Outcomes of Grade V Students In Elementary School 1 Purwoharjo Banyuwangi Distric Lesson Year 2015/2016. Jurnal Pancaran FKIP Universitas Jember. Vol.6, No 3. hlm. 45-53.
Tim Penyusun. 2011. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. 227 hlm.
Wardani. 2018. Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 1.hlm. 13-18.
Refbacks
- There are currently no refbacks.