Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
The problem of this research was the lack of learning motivation of the fifth grade students. The purpose of this research is to find out (1) the effect of giving reward on the learning motivation, (2) the effect of giving punishment on the learning motivation,(3) the effect of giving reward and punishment together on the learning motivation. The type of thisresearch is a correlational. This research was conducted by using 155 students and 122 students as the respondent by usingproportional random sampling. The research instrument used is questionnaire. The result of this research are (1) there is significant effect of giving reward on the learning motivation, the correlation obtained 3.314it shows low category, (2) there is significant effect of giving punishment on the learning motivation, the correlation obtained 3.935it shows low category, (3) there is significant effect of giving reward and punishment together on the learning motivation, the correlation obtained 49.61 it shows quite strong category.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh punishment terhadap motivasi belajar, (3) pengaruh reward dan punishment secara bersama-samaterhadap motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian berjumlah 155 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan proposional random sampling dengan jumlah 122 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian reward terhadap motivasi belajar ditunjukan dengan korelasi sebesar 3,314 pada kriteria rendah, (2) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian punishment terhadap motivasi belajar ditunjukan dengan korelasi sebesar 3,935 pada kriteria rendah, (3) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian reward dan punishment secara bersama-sama terhadap motivasi belajar ditunjukan dengan korelasi sebesar 49,61 pada kriteria cukup kuat.
Kata kunci : motivasi belajar, punishment, dan reward.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. 2015. Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta. 309 hlm.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 138 hlm.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: Rineka Cipta.302 hlm. Diunduh pada tanggal 20Januari 2019. Pukul 13.30 WIB
Hasanah, Muammarotul. 2015. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP NU Pakis Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik. Diakses melalui URL: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=muammarotul+hasanah+pengaruh+pemberian+reward+dan+punishment+terhadap+motivasi+belajar+mata+pelajaran+ips+siswa+kelas+vii+smp+nu+pakis+malang%btnG=#d=gs_qabs&t=ν=%23p%3DnMXWunQ3tEsJ. Diunduh pada tanggal 27 Oktober 2018. Pukul 13.00 WIB
Hasibuan J.J. dan Moedjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 96 hlm.
Kusyairy, Umi dan Sulkipli. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018. 81-88 hlm. Diakses melalui URL: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5 q=meningkatkan+hasil+belajar+peserta+didik+melalui+pemberian+rewa d+dan+punishment&btnG=#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3D-47jNte7u8oJ. Diunduh pada tanggal 10 Desember 2018. Pukul 15.00 WIB.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. 244 hlm.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. 236 hlm.
Setyawan, Aditya Bagus. 2013. Upaya Meningkatkan Rendahnya Motivasi Mengikuti Proses Pembelajaran di Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII A SMP Islam Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Diakses melalui URL: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5q=skripsi+aditya+bagus+setyawan+&btnG=#d=gs_qabsu=%23p%3Dcwqed9GKoRAJ.
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. 127 hlm.
Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar.Jakarta: Raja Grafindo. 258 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.