Hubungan Manajemen Waktu Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
The purpose of this research was to analyze and to know the significant of the correlation between the learning time management and the learning result of fourth grade students at primary school. The research used ex-postfacto correlation design. The technique of the data collecting used a questionnaire (questionnaire) and documentation. The data analysis technique used product moment correlation. The results showed that there is significant correlation between the learning time management and learning result of fourth grade students at primary school. The correlation coefficient was 0.685 which is categorized high.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD , ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,685 tergolong tinggi
Kata kunci: manajemen waktu belajar, hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Agusril. 2014. Analisis Pemanfaatan Waktu Belajar Peserta Didik di SD Negeri 124/1 Batin.
Dembo, Myron H. 2007. Motivation And Learning Strategies For Collage Success (A Self Management Approach) Third Edition. New York: Taylor and Francis Group.
Ginting, Monika Nina. 2014. Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Manajemen Waktu Dengan Motivasi Menyelesaikan Studi. Jurnal Pendidikan: Vol. 6. No. 2.
Lestari, Indah. 2009. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Vol. 3. No.2.
Miratul, Barizah. 2015. Hubungan antara Kemampuan Manajemen Waktu Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Vol. No. 1.
Puspitasari W. 2013. Hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahapeserta didik yang bekerja. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Rahmawati, Wuri. 2017. Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SDN Tamanagung 2 Muntilan Magelang Jawa Tengah Tahun Ajaran 2016/2017.
Reza. 2010. Manage Your Time For Success. Yogyakarta: Andi Offsien.
Riduwan. 2014. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rivandi, Janis. 2017. Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Self- Directed Learning Readiness Pada Mahapeserta didik Tahun Kedua Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pres.
Sandra, Ika. 2013. Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia: Vol 2. No 3.
Sepriawan, Dian. 2014. Hubungan Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu.
Sisdiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Triansyah, Opy. 2018. Pengaruh Manajemen Waktu dan Aktifitas Ekstrakulikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ekonomi Pendidikan: Vol. 6. No.4.
Wati, Mardeka. 2018. Hubungan Manajemen Waktu Belajar Dan Peran Serta Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas Xi Ipa Sman 5 Batam. Dimensi: Vol 7. No 3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.