Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The purpose of this research was to know the influence of Mind Mapping to the result of the students’ science learning result. The type of the research was experiment research and the design ofthis research was quasi experimental design with non-equivalent group design. The research data were obtained from the pretest and posttest, with the instrument used by multiple choice questions to measure students’ learning outcomes. The hypothesis testing results using the t-test formula obtained tcount> table means Ha accepted. This means that there was influence of the implementation of the model of mind mapping on the results of learning social sciences students of fifth grade at SD Negeri 02 Sumber Rejo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent GroupDesign.Data penelitian diperoleh dari preteset dan posttest, dengan instrumen yang digunakan soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t-test diperoleh nilai thitung> ttabel berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 02 Sumber Rejo.
Kata kunci: hasil belajar, Mind Mapping, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Candra, Ana Maria. (2015). Penerapan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Diakses pada URL :Http://User?Downloads/173162-IDrapan-media-mind-mapping.pdf. Diakses pada tanggal 18 Maret 2019.
Bloom. (2016). Indikator yang dibuat merupakan indikator produk yang diturunkan dari ranah pengetahuan. Diakses pada URL: http://www.scribd.com. Pada tanggal Mei 2018.
DePorter. (2007). Quantum Teaching; Mempraktikan Quantum. Diakses pada URL: https://bagaswanabiyasa.wordpress.com/2007/05/25/model-pembelajaran. Pada tanggal 15 Maret 2018.
Made, Desak. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Karakter Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. E-jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Volume 5. Nomer 2. Diakses pada URL: http://www.lib.ac.id. Diakses pada tanggal 12 januari 2019.
D. Parkih, Nikhilkumar. (2015). Effactivenees Of Teaching Through Mind Mapping Techniquen. The International Journal Of Indian Psychology. India. Diakses pada URL: http//:www.ijib.in. Pada tanggal 13 Januari 2019.
Subiyati, Dyah Ayu Dwi. (2012). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping dan Metode ceramah Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Keputran A Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Diakses pada URL: http://googleschooler.com. Pada tanggal 2 April 2018
Chandramica, Friezsya Puti. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang. Diakses melalui: https://www.academia.edu/pengaruh/model/mind/mapping. Pada tanggal 22 Mei 2019.
Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Kemendiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Marzuki. (2011). Meningkatkan HasilBelajar IPS Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pemerolehan Belajar Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Pontianak. Diakses melalui http://googleschooler.com. Pada tanggal 22 Januari 2018.
Uhbiyati, Nur. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rumanti. (2014). Pengaruh Penerapan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengeta Kelas IV SD Gugus Hasanuddin. Diakses pada URL: http://googleschooler.com. Pada tanggal 22 Januari 2018.
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Poses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sumaraning, Ni Putu. (2014). “Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di Desa Sinabun Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng”. Jurnal Mimbar Ilmu PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2. Nomor 1. Hlm 1. Diakses pada tanggal 10 Maret 2019.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Sri. (2016). Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Diakses melalui http://jurnal.untan.ac.id Pada Tanggal 16 Mei 2019.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Tony. (2000). Brain Child Cara Pintar Membuat Anak Jadi Pintar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Windura. (2013). Langkah-langkah Mind Mapping untuk siswa. Jakarta: Media Komputindo.
Ningsih, Wulan Cahya. (2011). Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Pemerolehan Belajar IPS Kelas V SDN 11 Pontianak. Diakses pada URL: http://jurnal.untan.ac.id pada tanggal 4 Februari 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.