Pengaruh Model Coopertive Learning Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Wayan Sari Diniyanti, Darsono Darsono, A. Sudirman

Abstract

The purpose of this study is to find out positive and significant influence of cooperative learning type scramble on student learning outcomes. This type of research is experimental research. Data collection was done by using written tests and multiple choices. Data analysis in this study uses the formula of pooled variance ttest. The results of hypothesis testing indicate that there is a positive and significant influence on the cooperative learning type scramble on student learning outcomes.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model cooperative learning  tipe scramble terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu berupa tes tertulis berbentuk pilihan jamak. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus ttes pooled varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa. terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: Cooperative learning, Scramble, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). Jakarta: PT Renika Cipta.

Artini, Ayu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan MediaSemi Konkret terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=138645&val=1342. (Diakses pada tanggal 20 November 2018).

Dwi, Made. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Kecamatan Buleleng.

https://ejournal.undiksha.ac.id/37.11024.1/2017. (Diakses pada tanggal 24 April 2019)

Hidayat, Mukhlis. 2011. “Penggunaan Teknik Scramble Wacana dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Sembungan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ristiani, Resta. 2017. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 1 pembelajaran 3 siswa Kelas IV SDN 1 Metro Utara. http//digilib.unila.ac.id/26845/17/SKRIPSI%20TANPA %20 BAB % PEMBAHASAN.pdf (Diakses pada 25 November 2018).

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Saridewi, Putri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas. https://ejournal.undiksha.ac.id/2549-3772/2017. (Diakses pada tanggal 26 April 2019)

Sodiqin, Ahmad. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar.

http://jurnal.untan.ac.id//11268.35501.1/2015. (Diakses pada tanggal 25 April 2019)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Suryaningtyas, Karlina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file-/artikel 2017/13.1.01.10.0351.pdf. (Diakses pada tanggal 26 April 2019)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Grafika Sinar.

Widastre, Wayan. 2018. Pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Metro Selatan. http//digilib.unila.ac.id/26845/17/SKRIPSI%20TANPA %20 BAB % PEMBAHASAN.pdf (Diakses pada 25 November 2018).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.