Hubungan Kebiasaan Membaca dan Kompetensi Profesional Pendidik dengan Hasil Belajar Tematik

Chusnul Laeli, Nelly Astuti, Sarengat Sarengat

Abstract


The purpose of this research was to find out the positive and significant relation-ships between  reading habit and thematic learning outcomes; teacher professional competence and thematic learning outcomes; and reading habit and teacher professional competence and thematic learning outcomes of fourth grade students. The type of research was ex-postfacto correlation. The techniques of data collections were observation, documentation studies, questionaires, and interview. The data analyses were product moment correlation and multiple correlation. The results showed there was a positive and significant relationships reading habit and thematic learing outcomes; teacher professional competence and thematic learning outcomes; and reading habit  and teacher professional competence and thematic learning outcomes.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dan hasil belajar tematik, hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional pendidik dan hasil belajar tematik, serta hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dan  kompetensi profesional pendidik terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, dokumentasi, angket (kuesioner), dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dan hasil belajar tematik, hubungan positif dan signifikan antara kompetensi profesional pendidik  dan hasil belajar tematik, dan hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dan  kompetensi profesional pendidik terhadap hasil belajar tematik.

Kata kunci: kebiasaan membaca, kompetensi profesional pendidik, hasil belajar tematik.

References


Agustina. Refni. 2016. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 69 Kota Bengkulu. Vol. 7 No. 2. Bengkulu: Universitas Bengku-lu.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2011 Undang-undang bab 1 pasal 1 ayat 1 Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kencana. Sri. 2010. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kom-petensi Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Is-lam Pada Sekolah Dasar Negeri Di Jalan Danau Singkarak Me-dan: Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.

Kurniati. Agusta. 2014. Hubungan Kompetensi Profesional Guru

dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 02 Batu Buil, Kecamatan Belimbing. Vol. 5 No. 2. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Mareike. Kunter. 2013. Professional Competence of Teachers: Ef-fects on Instructional Quality and Student Development. Vol. 105. No. 3 Journal of Educa-tional Psychology.

Setyaningsih. Yani. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kom-petensi Profesional Guru Ter-hadap Prestasi Siswa Melalui Motivasi Belajar Di MI Sa-mailul Huda Klaten Demak. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Yi. Hongmei. 2018. Effects of an In‐Class Library Project on Student Independent Reading Habits in Primary Schools in Rural, China. Rural: Interna-tional Literacy Association.

Yuan. Fu. 2015. The Effects Of Family Cultural Capital And Reading Motivation On Reading Behaviour In Elementary School Students. Sage Journal Vol. 36 Issue 1 2015. Changhua: Associate Professor of The Center for General Education at Taipei College of Maritime Technology.

Zakirova. Ranija R. 2016. The Structure of Primary School Teachers’ Professional Competence. International Journal of Environmental & Science Education. Kazan: Federal University.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Pres.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.