Pengaruh Model Quantum Teaching Menggunakan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching dengan media realia terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah The non equivalent control group design dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,69 dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,49. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu 2,47>2,02 artinya ha diterima, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran quantum teaching dengan media realia terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD.
Kata kunci: hasil belajar matematika, quantum teaching, media realia.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifuddin, Ahmad. 2016. Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik . AL IBTIDA 3 (2): 186-196.
Arlianti, Nofyta. 2016. Pengaruh Media Realia Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xb Smk Negeri 3 Sungai Penuh. Vol 2, No 1.
Khairani, Annisa Laras. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan Dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Volume 2 Nomer 1.
Kosasih dan Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Murni, Indah sri. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV Sd Negeri Madurejo Tahun Ajaran 2012/2013 .
Poter, et al. 2014. Quantun Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Kaifa: Bandung.
Rahayu, Sinta. 2014. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.
Salasih. 2013. Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V SD Negeri Sangon Kokap Kulon Progo.
Sarini, Widya. 2012. Penggunaan Media Realia Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN 11 Segarau Kabupaten Sambas.
Setiawan, Yudi. 2015. Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus IV Kecamatan Petang. Universitas Pendidikan Ganesha.
DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v7i1.18100
Refbacks
- There are currently no refbacks.