Pengaruh Model Quantum Teaching Menggunakan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika

Intan Permatasari, Sarengat Sarengat, Rapani Rapani

Abstract


The purpose of this study is to find out determine the effect of using quantum teaching models using media realia on mathematics learning outcomes of  the fourth grade elementary school. This research method is the non-equivalent control group desaign with the type of experimental research. Data collection techniques are done elementary school by using test, interview, observation, and documentation techniques. Data analysis techniques is in the form of quantitative data. The results of the study showed that the N-gain value of the experimental class was higher which was 0.69 compared to the control class which was 0.49. Based on hypothesis testing using the formula of independent sample t-test, it can be seen that tcount ≥ttable is 2.47≥2.02 means that ha is accepted, it can be concluded that there is a positive and significant influence on the quantum teaching learning model with realia media on learning outcomes mathematics of the fourth grade elementary school.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching dengan media realia  terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah The non equivalent control group design dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,69 dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,49. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu 2,47>2,02 artinya ha diterima, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran quantum teaching dengan media realia terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD.

Kata kunci: hasil belajar matematika, quantum teaching, media realia.

References


Arifuddin, Ahmad. 2016. Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik . AL IBTIDA 3 (2): 186-196.

Arlianti, Nofyta. 2016. Pengaruh Media Realia Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xb Smk Negeri 3 Sungai Penuh. Vol 2, No 1.

Khairani, Annisa Laras. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan Dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Volume 2 Nomer 1.

Kosasih dan Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Murni, Indah sri. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV Sd Negeri Madurejo Tahun Ajaran 2012/2013 .

Poter, et al. 2014. Quantun Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Kaifa: Bandung.

Rahayu, Sinta. 2014. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.

Salasih. 2013. Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V SD Negeri Sangon Kokap Kulon Progo.

Sarini, Widya. 2012. Penggunaan Media Realia Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN 11 Segarau Kabupaten Sambas.

Setiawan, Yudi. 2015. Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus IV Kecamatan Petang. Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v7i1.18100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.