Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD

Lia Ramadhani, Lilik Sabdaningtyas, Maman Surahman

Abstract

The problem in this study was the low learning outcomes of students in the fifth grade of SD Negeri Gugus 1 in Labuhan Ratu Bandar Lampung academic year 2018/2019 which was marked by the large number of students who had not reached the KKM. This study aims to determine the effect of motivation on learning outcomes. This research is correlational research. The techniques of collecting data use are questionnaire and documentation. The population is 242 students. The technique of taking samples is proportional random sampling with a total number of 179 students. Test requirements using normality test, homogeneity test, ard linearity test. The hypothesis test data used is multiple regression. The results showed that there is a positive effect of achievement motivation, affiliation motivation, power motivation on learning outcomes.


Masalah dalam penelitianiniadalah rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 yang ditandai dengan besarnya jumlah peserta didik yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi sebanyak 242 peserta didik, teknik pengambilan sempel menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sempel sebanyak 179 peserta didik. Uji pesyaratan  yang menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas. Uji hipotesis data menggunakan regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif motivasi berprestasi, motivasi afiliasi, motivasi kekuasaan terhadap hasil belajar.

 

Kata kunci: hasil belajar, motivasi mcclelland

References

Dwita, Dian Konita, et al. 2018. Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA) Volume 20 No. 1. Tahun 2018 (http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1084). Diakses pada tanggal 27 januari 2019.

Hamdu, Ghullam, et al. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 April 2011. (http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf). Diakses pada tanggal 27 Januari 2019

Indriani, Ari. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan keduran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4 No. 2. (http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/848). Diakses pada tanggal 27 Januari 2019

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robbins. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandunga: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarto, Ari. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Media Group.

Warti, Elis. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Mosharafa, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016. (https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/download/.../278). Diakses pada tanggal 27 Januari 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.