Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Group Investigation

Raras Anggraeini, Riswanti Rini, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this study is that the learning outcomes of students are still low. The purpose of this study was to find out the differences in learning outcomes by using the group investigation learning model with numbered head together of the fifth grade  students at SD Negeri 2 Gunung Terang. The type of research used is pre-experimental design. The population in this study was all fifth grade students of SD Negeri 2 Gunung Terang which are 40 students. Data collection techniques were done by using test instruments, data analysis using independent sample t-test. The results of the study showed that there were differences in learning outcomes using the GI learning model with the NHT learning model of fifth grade students at SD Negeri 2 Gunung Terang. NHT Learning Model is more effective than GI Learning Model Against Learning Outcomes of Grade V students of SD Negeri 2 Gunung Terang.

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menunggunakan model pembelajaran group investigation dengan numbered head togerher peserta didik  kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang  yaitu sebanyak 40 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, analisis data menggunakan  independent sample t-test.  Hasil penelitian diperoleh Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Menggunaan Model Pembelajaran GI dengan Model Pembelajaran NHT peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang. Model Pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan Model Pembelajaran GI Terhadap Hasil Belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang.

 

Kata kunci: hasil belajar , model pembelajaran, perbandingan.

References

Al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamzah. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jacobs. 1989. Interdisiplinary Curriculum: Design and Implementation, Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Kosasih, Nandang dan Sumarna, Dede. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mansyur, Adiansyah, Romi, et al. 2017. The effeciveness of Group Investigation on Scientific Approach. Nanyang Technological University Singapore. Jurnal Pendidikan 3.1-3.

Nurul, Afifah, Arif, Epi,. 2015. Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar di Kelas VIII MTS Hasanatul Barokah. Jurnal Pendidikan 1-2.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sedia, Wayan. 2014. Model-model Pembelajaran SAINS Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Jakarta: Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.