TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn
Abstract
This study uses classroom action research (CAR) to the model cycle. Each cycle has four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected by observation and student learning test. Then analyzed using qualitative and quantitative analysis.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Kemudian dianalisis menggunakan analisis kulitatif dan kuantitatif
Kata kunci: STAD, motivasi , hasil belajar, PKn
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djamarah, Bahri & Syaipul. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta
Dongoran,Putoro. 2012. Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
http://www.infodiknas.com/peningkatan-pemahaman-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad/. Diakses tanggal 27/12/2012. Pukul 19.00 WIB.
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya. Bumi Aksara. Jakarta.
Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Surya Pena Gemilang. Malang.
Tarigan, Henry Guntur. 2007. Kapita Selakta PKn. Bumi Aksara.IKIP. Malang.
UU No. 20 Tahun. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Rineka Cipta. Jakarta
Wardani, I.G.A.K, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.