Pengaruh Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik SD
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar tema 6 subtema 3. Metode penelitian ini adalah metode exsperimen dengan jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV dengan jumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model cooperatif learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar tema 6 subtema 3 peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Daya Asri.
Kata kunci: tai, hasil belajar tematik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andi, N. (2017) Pengaruh Metode Team-Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatut
Dewi, A.N. (2017) Pengaruh Metode Team-Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara
Wardani, A. R. (2016) Keefektifan Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Gugus Kresno Kecamatan Jati Kudus
Intan, D.A. (2017) Pengaruh Penerapan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V MI Nurul Yaqiin Ciledug Kota Tanggerang.
Hoirunnisa. (2017) Penggunaan Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu e-ISSN 2442-9449 Vol.5. No.2 (2017) 124-130 p-ISSN 2337-4721
Himawan. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Polewali (Materi Pokok Ikatan Kimia)
Ratnaningsih, I. (2016) Pengaruh Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Juru Gentong
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman. (2015). Model Pembalajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jakarta: Pustaka Pelajar
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.