PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA REALIA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Apriyana Apriyana, Nelly Astuti, Muncarno Muncarno

Abstract

Data were obtained through observation and tests. Percentage of student learning activities in the first cycle 61,01%, 70,00% second cycle and third cycle of 82,75%. While the percentage of students who completed the first cycle of 17,39%, the second cycle of 60,87%, 82,61% and third cycle. Improving student learning outcomes supported formative test differences in test results by using t-test, the result of tacount (cycle I-II) = 5,01>ttable = 2,074 and tacount (cycle II-III) = 8,49> table = 2,074 at α = 0,05. The result showed an increase of activity and student’s learning outcomes

Teknik pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif.
Persentase aktivitas siswa siklus 1 adalah 61,01%, siklus II meningkat menjadi 70,00%, dan siklus III meningkat menjadi 82,75%. Hasil belajar siswa dengan KKM >55 siklus I adalah 17,39%, siklus II meningkat menjadi 60,87%, dan siklus III meningkat 82,61%. Peningkatan hasil belajar siswa didukung dengan uji perbedaan nilai tes formatif menggunakan uji t pada siklus I dan II diperoleh thitung 5,01 > ttable 2,074, siklus II dan III diperoleh hasil thitung 8,49 > ttable 2,074 pada α=0,05. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model CTL, media realia, aktivitas, hasil belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi dkk.2006.Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta..2007.Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.

Hanafiah, Nanang dan Suhana. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media : Jakarta

Suwangsih,dkk. 2006. Model Pembelajaran Matematika. UPI PRESS. Bandung.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasiona. Rineka Cipta. Jakarta.

Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan model-model mengajar. Alfabeta. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.