Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Tematik

Winda Yuni Cahyani, Erni Erni, Amrina Izzatika

Abstract

The aim of this research was to analyze the effect of snowball throwing technique in students’ learning process. The approach of this study was quasi exsperiment using one group pretest posttest design. The population of this research was fifth grade students of SD Negeri 1 Marga Kencana consisted of 47 students. This research used random sampling in choosing the sample consisted of 23 students. The tests were used as the instrument to elicit the data; it consists of 20 items in multiple choice. The data were analyzed by using simple t-test. The result showed that t-value was higher than t-table (5.280>2.074), so Ho was rejected. It means that there was a significant difference of snowball throwing technique on the students’ learning process in thematic with themes 2 sub themes 1 at the fifth grade of SD Negeri 1 Marga Kencana academic year 2018/2019.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan rancangan dengan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah 47 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 23 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah tes yang digunakan sebanyak 20 item soal pilihan ganda. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji t-test diperoleh t-tabel sebesar 2,074 karena t-hitung > t-tabel (5.280 > 2.074), maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V tema 2 sub tema 1 SD Negeri 1 Marga Kencana tahun ajaran 2018/2019.

 

Kata kunci : hasil belajar tematik, model pembelajaran kooperatif, snowball throwing.

References

Anitah, Sri. 2011. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dimyati, Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kusumawati, Naniek. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Universitas PGRI Madiun: Ponorogo. Vol 02, No1. Journaltocs.ac.uk/index.php?action=tocs&journalID=38567.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodelogi Penelitian (Pendekatan Praktis dalam Penelitian). Yogyakarta: Andi Offset.

Safitri, Dian. 2011. Metode Pembelajaran Snowball Throwing. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Peneitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Paikem

Refbacks

  • There are currently no refbacks.