Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS

Murdo Pratikto, Sulistiasih Sulistiasih, Sarengat Sarengat

Abstract

The problem of this research is the low learning outcomes of social studies of the fifth grade students of SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu. The purpose of this study was to determine the significant effect of cooperative learning type picture and picture on student social studies learning outcomes. This study uses an experimental approach with nonequivalent control group design research design. The population of this study amounted to 51 respondents. The sample of this study uses saturated samples. The research instrument used is by testing multiple choice questions and questionnaires. The results of hypothesis testing using the pooled variance t-test formula obtained data t count of 6.137, while t table is 2,000. The comparison shows that the high category (6,137> 2,000) means that Ha is accepted. There is a significant influence on the effect of cooperative learning type picture and picture on the results of social studies learning of fifth grade students of SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu.

 

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 51 responden. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan tes soal bentuk pilihan jamak dan angket. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 6,137, sedangkan ttabel  sebesar 2,000. Perbandingan tersebut menunjukkan katagori tinggi (6,137> 2,000) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan pada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu.

 

Kata kunci: picture and picture, hasil belajar IPS.

References

Altun, Sertel. 2015. The Effect of Cooprative Learning on Student’s Achievement and Views on the Science and Technology Course. International Electronic Journal of Elementary Education. Vol. 7. No. 3. 451-468.

Fauziah, Tati dan Bermawi, Yoserizal. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and picture pada Materi Peninggalan sejarah di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 2, No. 3:79-87.

Hapsari, Marta Indri. 2017. Use of Picture and Picture Method in Increasing Ability of Sunware Student. Journal of Elementary Educarion. Vol. 1, Number 1:91-108.

Ibukun, W. O., Akinfolarin, C. A., dan Alimi O. S. 2011. Correlate of Resource Utilization and Students’ Learning Outcome in Colleges of Education in South West Nigeria. Canadian Center of Science and Education. Vol. 4. No. 3. 178-184.

Kasmadi & Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Oktaviani, Susika. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD N 6 Gedong Air. Universitas Lampung.

Paradana. 2013. Pegaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture terhadap Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N Regunung 01. Universitas Kristen Satya Wacana.

Permendikbud. 2013. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. (pendekatan kuantitaif, kualitatif dan R&D). Bandung, Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwastini. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooeperatif terhadap Hasil Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD N 1 Sukasada. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.