PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ICM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Uswatun Huriyah, Asmaul Khair, Yulina Hamdan

Abstract

The procedure of this research through 4 steps; planing, acting, observing, reflecting. The data collecting in this research used observation paper for student activity, observation paper for teacher performance and formative test for student learning outcomes. The data analysis technique were qualitative analysis and quantitative analysis. The result of this research showed that application of strategy active learning type ICM on Civic Education lesson in the forth A class of Elementary School 1 West Metro can impact to increase the activity and student learning outcomes.

Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada mata pelajaran PKn kelas IVA
SDN 1 Metro Barat berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, ICM, PKn.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Fajar, Arnie. 2009. Potofolio Dalam Pembelajaran IPS. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Kresnanto, Deddy. 2012. Metode Pembelajaran Card Match. http://nongkrongplus.wordpress.com/2012/03/15/metode-pembelajaranindex-card-match/. Diakses tanggal 8-10-2012. @21.03 WIB.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo. Jakarta.

Kurikulum Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta.

Rakhmat. 2006. Psikologi Pendidikan. Upi press. Bandung.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.

Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Terjemahan Sarjuli. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani.Yogyakarta.

Universitas Lampung. 2012. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Rineka Cipta. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.