Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri 02 Banjit
Abstract
Principals This research aims to describe the principal's leadership in SD Negeri 02 Banjit, with the focus of research . The research (1) leadership of the principal as Educator; (2) leadership of the principal as a leader; (3) leadership of the principal as Administrator; (4) leadership of the principal as Supervisor. method used is qualitative approach with case study design. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. Sources of research data are principals and teachers in SD Negeri 02 Banjit. Data analysis techniques are data collection; Data reduction; Presentation of data; The process of drawing conclusions., then supported by existence of teaching and learning activities that lead, through program of learning activity and then downgrading evaluation result of student learning result and curriculum administration.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 02 Banjit, dengan fokus penelitian (1) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai pendidik (Educator), (2) kepemimpinan kepala sekolah sebagai Pemimpin (Manager), (3) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai Administrator dan, (4) kepemimpinan kepala sekolah sebagai penyela (supervisor). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan pendidik, Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Proses penarik kesimpulan. Hasil penelitian: Perubahan yang dilakukan oleh kepala sekolah dimulai dari kepala sekolah sebagai pendidik (Educator) yang menjalankan perencanaan program pembelajaran, lalu didukung dengan adanya kegiatan pembelajaran, lalu kepala sekolah sebagai Administrator mempunyai program pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa dan administrasi kurikulum.
Kata kunci: Kepemimpinan, kepala sekolah, SD negeri.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmodiwiro, Soebagyo, Manajemen Pendidikan Indonesia. 2003. Jakarta : Ardadizya Jaya.
Burhan Bungin, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hendyat Suetopo dan Wasty Suemanto, 1984, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Malang: Bina Aksara.
H.E. Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. 2012. Jakarta : Bumi Aksara.
H.A.R Tilaar, 1994.Manajemen Pendidikan Nasional Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hendro Soetopo, 1989. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP.
HJ Sriyanto, Januari 2004. ”Kepala Sekolah di Era Otonomi”. Gerbang
Kumpulan undang-undang dan peratruran pemerintah RI tentang pendidikan.
No: 20 Tahun 2003 bab 2 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta
Moleong, J. Lexy, 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa. E, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. E, 2002.Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi. Hadari, 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta, PT Gunung Agung.
Nasir. M. 1980. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Northouse. 2013. kepemimpinan transformasional. Jakarta: Rajawali press
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 April 2007 tentang standar Kepala Sekolah/Sekolah Dasar
Refbacks
- There are currently no refbacks.