Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Terpadu

Salsabila Ruhiyat, Riswanti Rini, Sugiman Sugiman

Abstract

Problems in this study is the low learning outcomes of students IPA grade IV SD Negeri 1 Perumnas Wayhalim. This study aims to determine the effect of PBL learning model on science learning outcomes. The type of research used in this study is quantitative research. The research method used in this research is using quasi experimental method with nonequivalent control group desaign design. The sample in this research is the students of class IVB as experiment class with purposive sampling technique. Data collection techniques used observation techniques, test techniques, and documentation techniques. Data collection tools are observation sheet instrument and test instrument. Data analysis using Linear Regression Test. The result of the research shows that there is influence of PBL learning model on science learning outcomes in integrated learning of students of fourth grade of elementary school


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Wayhalim. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Alat pengambilan data berupa instrumen lembar observasi dan instrumen tes. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA pada pembelajaran terpadu peserta didik kelas IV SD.


Kata kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran PBL, pembelajaran terpadu.

References

Abdurrozak,Rizal, Asep Kurnia, dan Isrok Atun. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah PGSD UPI kampus Sumedang 1(1)872-878. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3580. Diakses tanggal 7 Mei 2017.

Mulyani, Sri (2018). The Effect Of Guided Inquiry Learning Model and Scientiefic Performance on Student Learning Out Comes. Indonesian Journal of selence and education. Vol 5, No 1:105-109. http;//jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijose/article/view/596. Diakses tanggal 27 desember 2017

Muslichach, Asy’ari. 2006. Penerapan pendekatan sains teknologi, teknologi, masyarakat dalam pembelajaran sains di sekolah dasar, Jakarta. Dapartemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta, Kencana.

Setiawan, M. Agung, Dwi Ari, dan Budhi Utami. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Dipadu Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa Kelas X SMAN Kediri Pada pokok Bahasan Fungi. Jurnal Floera Universitas Nusantara PGRI Kediri. 4(1), 112-135. https://anzdoc.com/jurnal-oleh-m-agung-setiawan-npm-dibimbing-oleh-1-dra-dwi-ar.html. Diakses tanggal 3 Januari 2017.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.