Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
Abstract
This research aim was to know the significant of influence on the use of manipulative media to the result of learning of mathematics of student of class V SD Negeri 01 Indraloka 1. The problem in this research was the low of learning outcomes of mathematics of grade V student of SD Negeri 01 Indraloka 1. The type of research used was experimental research (Quasi Experimental Design) with the design of Non-Equivalent Control Group Design experiment. This research data is obtained from pretest and posttest, with the instrument used about plural choice to measure student learning outcomes and questionnaires to know the student's response to the use of manipulative media. Hypothesis testing results obtained tcount 2.137> ttable 2.021 (α = 0.05), so Ha accepted. It means that there was a significant influence on the use of manipulative media to the results of students learning class V SD Negeri 01 Indraloka 1 District Tulang Bawang Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Indraloka 1. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Indraloka 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan desain eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari pretest dan postest, dengan instrumen berupa soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media manipulatif. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung 2,137 > ttabel 2,021 (α = 0,05), sehingga Ha diterima. berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Indraloka 1 Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Kata kunci: hasil belajar, matematika, media manipulatif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembang-an Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jendral Pen-didikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Amir, Almira. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Meng-gunakan Media Manipulatif. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volu-me VI: 72-89. (jurnal. iain- padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/download/166/148, diunduh 22 September 2017).
Anggorowati, Renny. 2013. Penggunaan Media Manipulatif Mika Transparan dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan untuk Meningkatkan Hassil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1: 78.
Febriani, Reni. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Manipu-latif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD (skripsi). Pontianak: FKIP Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Hardiyana. 2010. Penggunaan Alat Peraga Manipulatif untuk Me-ningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Perkalian dan Pembagian Bilangan Ca-cah, (Skripsi). Bandung: FIP Bandung.
Helmina, Welly. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Manipula-tif Terhadap Hasil Belajar Ma-tematika Siswa Kelas V Seko-lah Dasar (Skripsi). Pontianak: FKIP Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Hernawan. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.
Heruman. 2008. Model Pembelaja-ran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kasmadi & Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Kumalasari, Kristina. 2011. Penga-ruh Penggunaan Media Mani-pulatif dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA (skripsi). Jember: Universitas Jember.
Muhsetyo, Gatot., dkk.. 2008. Pem-belajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas terbuka.
Mulyasa, E.. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitiam Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pem-belajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun. 2003. Sistem Pendidikan Nasional Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Yeni, Ety Mukhlesi 2011.Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geeometri dan Kemampuan Tilik Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal UPI edisi Khusus No. 1: 65.
Refbacks
- There are currently no refbacks.