Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik

Clarisa Pratiwi, Lilik Sabdaningtyas, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this study is the low learning outcomes of learners on thematic learning. This study aims to determine the effect of stad type cooperative learning model on learning outcomes of learners on thematic learning. The method used in this research is quasi experiment with research design nonequivalent control group design. The population of this study are students of class V as many as 90 students. Instruments in this study using test and non test instruments. Data analysis technique in this research use regression and t-test. Based on the results of the analysis using dummy regression test, there is influence of cooperative learning model of stad type toward the students' thematic learning result. The results of the analysis using t-test test there are different models of cooperative learning type stad with conventional learning of the students' thematic learning outcomes.

 

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 90 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi dan t-test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji regresi dummy, terdapat pengaruh model pemblejaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Hasil analisis menggunakan uji t-test terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar tematik peserta didik. 

 

Kata kunci : model pembelajaran STAD, hasil belajar, pembelajaran tematik.

References

Abdullah, Ridwan Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning(efektifitas pembelajaran kelompok). Bandung: Alfabeta.

Rusman, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

______ . 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative learning (teori, riset, praktik).

Bandung: Nusa Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.