Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik

Rosinta Kushermawanti, Riswanti Rini, Maman Surahman

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 1 perumnas Way Halim. This study aims to determine the effect of learning model problem posing on student learning and to know the difference between the students' experimental class learning using problem posing model with control class using conventional learning. Population in this research is all student which amounts to 129 students with sample research using purposive sampling technique. Data collection in this research is by using observation, test and documentation, while data analysis using simple linear regression formula and T independent Polled Varian. The result of data analysis shows that there is influence of learning model of problem posing to student learning outcomes, and there is difference between student learning result of experimental class using problem posing model with control class using conventional learning.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 perumnas Way Halim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem posing dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 129 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan analisis uji T independent Polled Varian. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa, serta terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem posing dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: model pembelajaran problem posing, pembelajaran tematik hasil belajar.

References

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Hatmawanti, Sofiana Rahmiatun dkk. 2016. Penerapan Model Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram. Universitas Mataram. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/284 Akses 2 Februari 2018

Maulana, Dani. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Lampung. Lampung

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfaberta.

Suryosubroto, A. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Sutisna. 2010. Kelebihan dan Kelemahan pembelajaran dengan problem posing. (Sumber http/sutisna.com/artikel/artikel-kependidikan/kelebihan-dan-kelemahan-pembelajaran-dengan-pendekatan-problem posing/. Internet Akses 5 Desember 2017).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.