MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN PKn

Titik Hariyani, Rapani Rapani, Ahmad Sudirman

Abstract


The purpose of this research is improving students' activities and the outcomes of learning process by implementing cooperative learning type two stay two stray model.This research used classroom action research which through four steps, they are planning, acting, observing and reflecting. The procedures of this research conducted in three cycle. The used data collection instrument in this research observation sheets of students activity and teacher performance and student achievement test.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang melalui empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar siswa.

Kata Kunci: cooperative, learning, tipe TSTS


References


Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efectifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta. Bandung.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. PT Rajawali Pers. Jakarta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Syarifudin, Tatang dan Nur’aini. 2006. Landasan Pendidikan. UPI PRESS. Bandung.

Tarigan, Henry Guntur.2006. Kapita Selakta PKn. Bumi Aksara. IKIP Malang.

Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2006 Tentang Standar Isi (SI) dan Standar Keluluasan (SKL).

Tim Penyusun. 2009. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung. Lampung.

UU No. 20 Tahun. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Rineka Cipta. Jakarta.

Wardani, I.G.A.K, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.