Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Tema 2 Subtema 1

Muzdalifa Muzdalifa, Herpratiwi Herpratiwi, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in the study is the low learning result of students grade IV SDN 2 Tanjung Senang. The purpose of research is to analyze the influence of applying of mind mapping learning model before and after using mind mapping learning model. The method of this research is experimental research using pre-experiment design of one group pretest posttest design method. The sampling technique in this research is probability sampling with simple random sampling technique. The main instrument was used by researchers is the test. The data is in the analysis using t-test to get t table of 2.054 because the value of t arithmetic> t table (6.843 > 2.054) and 5% significance level then HO rejected and Ha accepted. The result of the research shows that there is a significant influence in the application of mind mapping learning model to the learning result of theme 2 subtema 1 students.

 

Masalah dalam penelitian merupakan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Tanjung Senang. Tujuan penelitian untuk menganalisis ada pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran mind mapping. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan pre-experimen metode one group pretest posttest design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling. Instrumen utama yang digunakan oleh peneliti adalah tes. Data di analisis dengan menggunakan t- test diperoleh t tabel sebesar 2,054 karena nilai t hitung > t tabel (6,843> 2,054) dan taraf signifikansi 5% maka Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar tema 2 subtema 1 peserta didik.

 

Kata kunci: model pembelajaran, Mind Mapping, hasil belajar tematik

References

Chandramica, Friezsya Puti, Maman Surahman, dan Riyanto M. Taruna. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogi 5.1 Lampung: Universitas Lampung

Nugraha, Anggi Purwa, W. S. Rustono, dan Nana Ganda. 2016. Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Meneladani Patriotisme Pahlawan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu(Teori, praktik dan Penilaian). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Shoimin Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Sumaraning, Ni Putu. 2014. Pengaruh Model Mind Mapping Bermuatan Budaya Bali Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Di Desa Sinabun Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.