Pengaruh Penggunaan Tipe TGT terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Mita Febriani, Siswantoro Siswantoro, Yulina H.

Abstract

The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning model type teams games tournament (TGT) to the result of V class student social studies. The type of the research was experiment research. The design used in this research was non equivalent control group design. After  through the technique of collecting data in the form of test and also technique of data analysis showed that was Ha accepted “There was a significant and positive influence of cooperative learning model type tgt to learningoutcomes of mathematics grade V student of SD Negeri 4 North Metro”. This is evidenced by the average value of experimental N-Gain class higher than the control class that was 0,57 with 0,29, the difference of N-Gain of both classes is 0,28. The result of hypothesis testing using t-test pooled varians obtained data tcount 2,394 > ttable 2,021.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Setelah  melalui teknik pengumpulan data berupa teknik tes serta teknik analisis data menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu “Terdapat pengaruh  yang signifikan dan positif pada penerapan model cooperative learning tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara”. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,57 dengan 0,29, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,28. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung 2,394 > ttabel 2,021.

Kata kunci: hasil belajar matematika, TGT.

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satu-an Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta. BNSP.

Cahyaningsih, Ujiati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendes. Vol. 3 No. 1 Edisi januari 2017. 1-5.

Cahyati, Eri. 2016. Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Mojotengah 2 Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. http://repository.uksw.edu/bitstream diakses pada tanggal 26 Mei 2018 pukul 16.00 WIB.

Fairuzzabadi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 12 Pamulang, Tanggerang Selatan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream diakses pada tanggal 26 Mei 2018 pukul 16.00 WIB.

Fajri, Luluk. 2012. Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dilengkapi Dengan Teka-Teki Silang Bagi Siswa Kelas XI 4 SMA Negeri 2 Boyolali. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 1 No. 1. 89-96.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Jonwandri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA 1 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal MIPA. 1-3.

Kemendiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sekretariat Negara.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung. PT Refika Aditama.

Nandrah. 2017. The Effect Of Cooperative Learning Model Of Temas Games Tournament (TGT) And Students’ Motivation Toward Physics Learning Outcome. International Education Studies. Vol. 10. No. 2. 123-130.

Nurmilasari, Yunita. 2015. Incresing Mathematics Learning Achievement With Cooperative Model TGT Type In Grade IV SDN Poraksari. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 4 Tahun. 1-14.

Permendiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Sekretariat Negara.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative LearningTeori, Riset, dan Praktik. Nusa Media. Bandung.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung. Alfabeta.

Trianto. 2011 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yuliana. 2012. Pengaruh Penerapan TGT terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 11 Ponkot. Jurnal Pribadi. 1-18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.