Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar PKn

Oky Prayogi, Siswantoro Siswantoro, Suwarjo Suwarjo

Abstract


The purpose of this study is to determine the significant effect on the application of Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model to the learning outcomes of Civics students of class V SD Negeri 1 Sukajadi. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The population in this study is all students of class V with the number of 42 people. Determination of sample research using saturated. Technique of collecting data is done by test. The result of hypothesis test using t-test pooled variance is obtained tcount 2,295 while ttable is 2,021 meaning there is significant influence on the application of Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model to the learning result of Civics.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukajadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 42 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians dimana thitung sebesar 2,295 sedangkan ttabel sebesar 2,021 artinya terdapat  pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn.

 

Kata kunci: CTL, hasil belajar, PKn


References


Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. Aditama.

Johnson, E.B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung. Mizan Learning Center.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung. Refika Aditama.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud No 67 Tahun 2013. Jakarta. Kemendikbud.

Permendiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

_______ . 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v6i5.15634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.