Pengaruh Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SD

Leli Kartika, Darsono Darsono, Yulina H.

Abstract

The problem in this research is the low of thematic learning result. The purpose of this study was to determine the effect of positive and positive inquiry model on thematic learning outcomes. The result of the research explains that there is a significant and positive effect of inquiry model on the students learning outcomes thematic learning with the highest students posttest score of 87 and the lowest value is 43. The result of N-Gain calculation in the control class is 0.23 is included in the low classification. While the average value of N-Gain in the experimental class is 0.75 including the high category. N-Gain both classes there is difference of N-Gain difference of 0,52. Evidenced in the results of hypothesis testing there is a significant and positive effect of inquiry model on the learning outcomes of learners using the formula t-test sparated variance, with the result of tcount = 28.26> ttable = 2.042 (with α = 0.05).

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar tematik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan nilai posttest peserta didikyang tertinggi yaitu 87 dan nilai terendah yaitu 43. Hasil perhitungan N-Gain di kelas kontrol yaitu 0,23 termasuk dalam klasifikasi rendah. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain di kelas eksperimen 0,75 termasuk kategori tinggi. N-Gain kedua kelas terdapat perbedaan selisih N-Gain sebesar 0,52. Dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan rumus  t-test sparated varians, dengan hasil nilai thitung  = 28,26 > ttabel = 2,042 (dengan α = 0,05).

Kata kunci: inquiry, hasil belajar, tematik

References

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar.Jakarta Bumi Aksara.

Hernawan, 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung.UPI PRESS.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didikberdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta. Rajawali Pers.

Wulan Dea Anjar. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi. Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. 208 Hlm

Sugiyono. 2014. Metode Penelitiam Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanti, Desilia. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Tim Penyusun. 2013. Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Standar Proses Pendidik. Jakarta. Depdiknas.

Tim Penyusun. 2016. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional. 2003. Bandung. Citra Umbara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.