Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik
Abstract
The problem of this research was the low students result of students’ integrated thematic. This study aims to find out the effect of Discovery Learning to integrated thematic lerning outcoumes. The method of this research was experimental research which the design used was nonequivalent control group design. The population is all fifth grade students as much forty three students. The research sample were students class IV-A as control class as much twenty one students and class IV-B as experiment class as much twenty two students with taking techniques simple random sampling. Data collection techniques are documentation, interview, observation and test. Based on the results of data analysis by simple linier test, that there is effect of implementation Discovery Learning on students integrated thematic learning outcomes. The results of data analysis by t-test showed that there is different between Discovery Learning with conventional learning on students integrated thematic learning outcomes.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Gondangrejo Kecamatan Pekalongan. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar tetmatik terpadu. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 43 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV-A sebagai kelas kontrol sebanyak 21 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 peserta didik. Teknik pengambilan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana, terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik. Hasil analisis menggunakan uji t-test terdapat perbedaan pengunaan model Discovery Learning dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik.
Kata kunci : discovery learning, hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT Refika Aditama
Dimiyati dan Mudjiono. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran
Abad 21. Bandung : Ghalia Indonesia
Jong, Ton De and Wouter, R. Van Joolingen. 1998. Scientific Discovery Learning with Computer Simulations of Conceptual Domains. University of Twente: Volume: 68 issue: 2, page(s): 179-201 (diakses pada 27 April 2018, 19.05. SAGE journals)
Prasetyo, Giri. dan Prasojo, Lantip Diat. 2016. Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah. Jurnal Prima Edukasi. Vol. 4, No.5: Universitas Negeri Yogyakarta (diakses pada: 19-04-2018, 15.30)
Sari, Indah Perdana. dan Syamsi, Kastam. 2015. Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasi. Vol 3 No.5: Universitas Negeri Yogyakarta (diakses: 5-02-2018, 04.30)
Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabetha
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya
Refbacks
- There are currently no refbacks.