Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstract
The purpose of this research was to determine the significant influence on the application of cooperative learning model type group investigation to learning out comes of students class IV SD Negeri 8 Metro Timur. The this research was an experiment with non equivalent control group design. The population of this research was 50 students class IV. The sample of research is 50 respondents. Instruments research used test. research the data analysing technique used tests statistic t-test sparated varians which was began by of normality test and homogenity test. The results of research showed that are influence cooperative learning model type group investigation to learning results of students with tcount 2,611 > ttable 2,021 (with α = 0,05).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian berjumlah 50 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa dengan thitung 2,611 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).
Kata kunci: group investigation, hasil, sekolah dasar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azizah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo. http://.umm.ac.id/1735/. diakses tanggal 15 April 2018 pukul 19.50 WIB.
Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Karina. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo. http://.uny.ac.id/7465/. diakses tanggal 15 April 2018 pukul 19.40 WIB.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Permendikbud. 2013 Lampiran Permendikbud No 67 Tahun 2013. Kemdikbud. Jakarta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Rustina. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus II Tampaksiring. http://.upg.ac.id/8624/. diakses tanggal 15 April 2018 pukul 19.30 WIB.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
. 2012. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.