Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe The Power of Two terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Ayu Ervita, Rapani Rapani, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The problem in this research is the low of social studies learning result of grade V students of SD Negeri 6 Metro Barat. The purpose of this study is to determine the effect of the use active learning strategy of the power of two type on mathematics learning outcomes. This research method is Quasi Eksperimental with the type of research that is experimental research. Technique of collecting data is done by. Data analysis techniques are quantitative data. Based on hypothesis testing using independent sample t-test formula can be concluded there is a positive and significant influence on active learning strategy of the power of two type to the results of learning social studiess students of class V SD Negeri 6 Metro Barat.


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif  tipe the power of two  terhadap hasil belajar IPS. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat.

 

Kata kunci:  The power of two, hasil belajar, IPS.

References

Amri, Sofan. 2015. Implementas Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta, Prestasi Pustakarya.

Aryawan, I Pt. Eka Putra. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Berbantuan Media Belajar Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, (2)1, 1-10.

Ihwana, Al. 2016. Strategi The Power Of Two dan Implikasinya terhadap Efektivitas Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyah, 7(1), 103-118.

Maulida, Rhapna. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 9 Tapung. http://Repository.uin-suska.ac.id/2759/. Diakses pada tanggal 10 November 2017 pukul 16.11 WIB.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Silberman, Melvin L. 2016 Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung, Raisul Muttaqien. Nuansa Cendekia.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Supardi. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Aktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 115-127.

Susanto . 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta, Prenadamedia Group.

Undani, Ketut Sri Naya. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Tipe NHT untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Singaraja. Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.