Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry dengan Media Realia terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Dita Setianingsih, Supriyadi Supriyadi, Muncarno Muncarno

Abstract

The problem in this research was still the low of science learning result of student in State Elementary School of 1 Totokaton. This study aims to find out the effect of Guide Inquiry Learning model with Realia Media implementation to the student’s result of sains learning. The method of this research was experimental research which used non-equivalent control group design. The instrument of data collection that used by researcher are test and sheet of observation. The result shows there is a significant and positive effect of the Guide Inquiry Learning model with Realia Media implementation to the students’ result of sains learning at the fifth Grade of State Elementary School of 1 Totokaton.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA siswa di SD Negeri 1 Totokaton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Guide Inquiry dengan Media terhadap hasil belajar IPA siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen non-equivalent group design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif dalam penerapan model pembelajaran Guide Inquiry dengan Media Realia terhadap hasil belajar IPA siswa  kelas V SD Negeri 1 Totokaton.

Kata kunci: guide inquiry, media realia, IPA

References

Artana, I Made Ari, Nyoman Dantes, & I Wayan Lasmawan. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1): 1-12. Dalam URL : Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/124489-Id-Pengaruh-Model-Pembelajaran-Inkuiri-Terb.Pdf. Diakses pada 13/04/2018@10.30 WIB.

C. Villagonzalo, Erl. 2014. Process Oriented Guided Inquiry Learning: An Effective Approach in Enhancing Students’ Academic Performance. International Journal of Presented at the DLSU Research Congress. Special Issue (1): 1-6. Dalam URL: http://www.dlsu.edu.ph/conferences/dlsu_research_congress/2014/_pdf/proceedings/LLI-I-007-FT.pdf. Diakses pada 28/11/2017 @20.00 WIB

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.

Haryanti, Dwi. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SD Se-Gugus Dewi Sartika Purwodadi Purworejo. Skripsi. Dalam URL: http://eprints.uny.ac.id/14212/1/SKRIPSI%20DWI%20HARYANTI%2010108244013.pdf. Diakses pada 07/11/2017 @19.30 WIB.

Lestari, Dewi. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. 3 (2): 129-141. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/121377-ID-penerapan-teori-bruner-untuk-meningkatka.pdf. Diakses pada 14/04/2018@14.00 WIB.

Masitoh, Ikhlasun Dwi, Marjono, & Joko Ariyanto.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Jurnal Bioedukasi. 10 (1):71-79. Dalam URL: http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i1.11276. Diakses Pada 14/04/2018@16.00 WIB.

Nurngaeni, S., Sardjiman, P., & Murti, R. C. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja Purbalingga. Jurnal Pendidikan. 2 (9): 1-8. Dalam URL: http://eprints.uny.ac.id/15678/. Diakses pada 14/04/2018@14.30 WIB.

Parapat, Renny Karlina, Sultan Djasmi, & Riswanti Rini. 2015. Pengaruh Aktivitas Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi. 3 (1): 3-13. Dalam URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8634. Diakses Pada 13/04/2018@19.30 WIB.

Putra, M. I. S., W. Widodo, & B. Jatmiko. 2016. The Development of Guided Inquiry Science Learning Materials to Improve Science Literacy Skill of Prospective MI Teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 5 (1): 83-93. Dalam URL: https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jpii/Article/View/5794. Diakses Pada 13/04/2018@15.30 WIB.

Rafiqah, Nurfauzia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika. 4 (1): 20-24. Dalam URL: https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/209756-Pengaruh-Model-Pembelajaran-Guided-Inqui.Pdf. Diakses Pada 14/04/2018@13.30 WIB.

Saefullah, Asep, dkk. 2017. Efforts to Improve Scientific Literacy of Students through Guided Inquiry Learning Based on Local Wisdom of Baduy‟s Society. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 3 (2): 84-91. Dalam URL: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/2482. Diakses Pada 14/04/2018@20.30 WIB.

Salipah, Sudarmin, & Sri Haryani .2016 . Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Playing Card terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Unnes. 5 (1): 1-7. Dalam URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/download/5065/6545. Diakses Pada 14/04/2018@21.00 WIB.

Sayekti, Ika Candra. 2016. Pembelajaran IPA Menggunakan Inkuiri Terbimbing Melalui Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains UMS. 4(1): 6-16. Dalam URL: http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/1834. Diakses Pada 13/04/2018@20.30 WIB.

Sitorus, Haji Hamidun, Hasruddin, & Syahmi Edi. 2017. The Influence of Inquiry Learning Model on Student’s Scientific Attitudes in Ecosystem Topic at MTs. Daarul Hikmah Sei Alim (Islamic Junior High School) Asahan. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 4 (11): 170-175. Dalam URL : www.arcjournals.org. Diakses pada 13/04/2018@14.30 WIB.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Sukma, Laili Komariyah, & Muliati Syam. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Saintifik. 18 (1): 59-63. Dalam URL: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3185. Diakses Pada 14/04/2018@20.15 WIB.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Ural, Evrim. 2016. The Effect of Guided-Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students' Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety and Achievement. Journal of Education and Training Studies . 4 (4): 217-227. Dalam URL: https://eric.ed.gov/?id=EJ1095156. Diakses pada 14/04/2018@11.30 WIB.

Wahyuni, Sri, Darsono, & Pargito. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Sosial di Masyarakat. Jurnal Studi Sosial. 4 (1): 30-41. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/41058-ID-pengembangan-model-pembelajaran-inquiry-untuk-meningkatkan-kemampuan-memecahkan.pdf. Diakses Pada 14/04/2018@20.40 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.