Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe ICM terhadap Hasil Belajar IPS SD

Maulida Raufika, Sarengat Sarengat, Rapani Rapani

Abstract

The purpose of this research was to know the influence of active learning strategy of ICM type towards social learning outcomes. The type of this research was experimental research, with research design was non-equivalent control group design. The population of this research was all students of V grade of SD Negeri 1 Metro Timur. The sample consisted of 23 students of V A class and 24 students of V B class. The techniques of data collection were done with documentation study, technique test, and questionnaire. The technique of data analysis was quantitative. The data analysis used t-test pooled variance. The result of hypothesis testing showed that there was a significant influence of active learning strategy of ICM type towards social learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe ICM terhadap hasil belajar IPS SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Sampel terdiri dari 23 siswa kelas V A dan 24 siswa kelas V B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, teknik tes, dan angket. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Analisis data menggunakan t-test pooled varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran aktif tipe ICM terhadap hasil belajar IPS SD.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, ICM

References

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas.

Kasmadi, dan Nia. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Maisyaroh, Siti. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta. Kencana.

Permendiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas RI.

Sapriya. 2008. Pendidikan IPS. Bandung. UPI Press.

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. 2009. Bandung. Nusamedia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara.

Widayat, Beny. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Semester Genap Kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. CTSD.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.