Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe ICM terhadap Hasil Belajar IPS SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe ICM terhadap hasil belajar IPS SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Sampel terdiri dari 23 siswa kelas V A dan 24 siswa kelas V B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, teknik tes, dan angket. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Analisis data menggunakan t-test pooled varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran aktif tipe ICM terhadap hasil belajar IPS SD.
Kata kunci: hasil belajar, IPS, ICM
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas.
Kasmadi, dan Nia. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.
Maisyaroh, Siti. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta. Kencana.
Permendiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas RI.
Sapriya. 2008. Pendidikan IPS. Bandung. UPI Press.
Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. 2009. Bandung. Nusamedia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara.
Widayat, Beny. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Semester Genap Kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. CTSD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.