Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Faizatur Rokhmah, Yulina Yulina, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The problem in this research is the low of mathematics learning result of grade V student of SD Negeri 6 Metro Utara. The purpose of this research was to know the influence of realistic mathematics education (RME) approach to the result of V grade student mathematics. The type of the research was experiment research. The design used in this research was quasi experimental design. Population research is all of students V grade, the sample consists 26 students VA class and 27 student VB class. The determination of research sample used purposive sample. Data collection tools used questionnaires and cognitive tests. The data analysis was used t-test pooled varians. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant influence on the application of realistic mathematics education (RME) approach to the students' mathematics learning outcomes.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendekakatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, sampel terdiri dari 26 siswa kelas VA dan 27 siswa kelas VB. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sample. Alat pengumpul data menggunakan angket dan tes kognitif. Analisis data uji statistik t-test pooled varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekakatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V.

Kata kunci: hasil belajar, matematika, RME.

References

Agus, Ria Noviana. 2016. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dengan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JIP STKIP Kusuma Negara. Vol. 7, No. 2, Juni 2016.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satu-an Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta. BNSP.

Fadillah. 2014. Implementasi Kuriku-lum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Özdemir, Burçin Gökkurt. 2017. Mathematical Practices In A Learning Environment Designed by Realistic Mathematics Education: Teaching Experiment About Cone and Pyramid. European Journal of Education Studies. Vol. 5, Issue 2, 2017.

Ricks, Thomas E. 2010. Mathematics is Motivating. The Mathematics Educator. Vol. 19, No. 2, September 2010.

Rinayanti, Ni Luh. 2014. Pendekatan Pendidikan Matematika Rea-listik Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Mengwi. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1, 2014.

Savickienė, Izabela. 2010. Conception of Learning Outcomes In The Bloom’s Taxonomy Affective Domain. Lithuania. Vytautas Magnus University.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfa-beta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

UU RI No.20 Tahun 2003. Undang-Undang SISDIKNAS 2003. Jakarta. Sinar Grafika.

Widyastuti, Nur Sri, dkk. 2014. Pengaruh Pendidikan Mate-matika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 2, No. 2, 2014.

Word Economic Forum. 2017. The Inclusive Growth and Development Report. Geneva. Word Economic Forum.

Zulkardi. 2014. Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan Mate-matika Realistik untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 1, Januari 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.