Pengaruh Model Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
The problem of this reaserch is the low of student learning result of mathematics. The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning model example non example type towards mathematics result IV grade student of SD Negeri 1 Tulung Balak. Pupulation research is all of students IV grade of 42 students. The sample consists 21 students IVA class as experimental class and 21 student IVB class as control class. The type of this research is experimental research, with the design used is non-equivalent control group design. Data collecting techniques are test, questionnaire and documentation study. Analysis data using separated varians t-test with the results of research showing that tcount = 5,211> ttable = 2,021. The result of the testing of hypotheses shows that there are significant influence of using cooperative model example non example type towards mathematics result IV grade student of SD Negeri 1 Tulung Balak.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe tipe example non example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tulung Balak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 42 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpul data dilakukan dengan tes, angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan separated varians t-test dengan hasil thitung= 5,211> ttabel = 2,021. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe example non example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tulung Balak.
Kata kunci: example non example, hasil, matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apriani. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example. Sumedang. IKIP PGRI.
Damiati. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII MTSN Karangrejo Tulung Agung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Tidak diterbitkan.
Djafar, Nur Asmah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Bionature. Vol 15. No 2. UNM.
Fadilla. 2016. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example pada Siswa Kelas IV SDN Bumi Sari. Tidak diterbitkan.
Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Habibah, Syarifah. 2016. Penggunaan model example non example terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Pesona Dasar. Vol 3. No 4. Unsyiah.
Irawanti. 2013. Keefektifan Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Toyareka Purbalingga. Tidak diterbitkan.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Pujasari, Yayah. 2008. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 8. No 2. UPI.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya. Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.