Pengaruh Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Etika Cahyani, Sarengat Sarengat, Siswantoro Siswantoro

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of the use of cooperative learning model TAI on mathematics learning outcomes. The problem in this research is the low of mathematics learning result of grade V students of SD Negeri 6 Metro Barat. This research method is The non-equivalent control group design with the type of research that is experimental research. Technique of collecting data is done by test technique and student response questionnaire. Data analysis techniques are quantitative data. Based on hypothesis testing using independent sample t-test formula can be concluded there is a positive and significant influence on cooperative learning model TAI to the results of learning mathematics students of class V SD Negeri 6 Metro Barat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative TAI terhadap hasil belajar matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Metode penelitian ini adalah The non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran cooperative TAI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat.

Kata kunci: Pengaruh, hasil belajar, matematika, TAI


References


Ahmad. 2013. Pembelajaran Matematika di Indonesia Masuk Peringkat Rendah. Diakses di https://nasional.sindonews.com/read/804091/15/pembelajaran-matematika-di-indonesia-masuk-peringkat-rendah-1384111047 Diakses pada 12 November 2017. Pukul 15.30 WIB.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Muti,ah, Umi. 2012. http://mutiau-mayblogspot.co.id/.Diakses pada 02 Noktober 2017. Pukul 15.30 WIB.

Pratiwi, Apriyani. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Assessment For Learning (AFL) pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2, No. 8, pp. 854-852.

Sani, Ridwan. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning. (Penerjemah: Nurulita Yusron). Bandung. Nusamedia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.

________. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sundayana, Rostiana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung. Alfabeta.

Suyitno, Imam. 2009. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang.Universitas Negeri Semarang,

Tim Penyusun .2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

Waltiyah, Eka. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Learning Start With A Question Terhadap Peran Aktif dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.