Pengaruh Tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap Hasil Belajar IPA

Mar'atus Sholihah, Sowiyah Sowiyah, Nelly Astuti

Abstract


The purpose of this research is to determine the effect of active learning strategies type everyone is a teacher here towards science study result grade IV student of SD Negeri 3 Metro Pusat. The type of this research is experimental research was named quasi experimental design with the experimental design of non equivalent control group design. The data collection techniques by using test and quisioner. The data collections was done by using pretest and posttest questions and statement items of quisioner, which are then analyzed using quantitative data. Data analysis of this researche was using independent sample t-test for normality test and homogenity test first. The results showed that the active learning strategies type everyone is a teacher here can effect positively and significantly for science study result.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, berbentuk quasi eksperimental design dengan rancangan eksperimen non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest serta butir pernyataan pada angket, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data menggunakan independent sampel t-test diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA.

Kata kunci: everyone is a teacher here, hasil belajar.


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Aryaningrum, Kiki. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Oku Timur. Palembang. (Online) dapat diakses di (http://docplayer.info/31383737-Pengaruh-pembelajaran-aktif-everyone-is-a-teacher-here.html diakses pada tanggal 23 November 2016 pukul 19:20).

Desy Kusrini, Elynda. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA MTs Maarif Al Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014. STKIP PGRI Bungkal. Sumatera Barat. (Online). Dapat diakses di (http://onesearch.id/Record/IOS2857.296?widget=1&repository_id=3393 diakses pada tanggal 8 Februari 2017 pukul 21:07).

Hadi, Nur. 2010. Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih XI di MA. Al-Falah Baosan Lor Ngrayun Ponorogo. Yogyakarta. (Online) dapat diakses di (http://digilib.uin-suka.ac.id/19889/2/1320410045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTARPUSTAKA.pdf diakses pada tanggal 23 November pukul 19:55).

Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta. Bumi Aksara.

Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung. Nuansa Cendekia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.

______. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

______. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta. Depdiknas.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v6i1.14685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.