Pengaruh Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Muhammad Khoirudin, Sowiyah Sowiyah, Supriyadi Suypriyadi

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of the use of SAVI learning model on mathematics learning outcomes. The research was done by the low learning result of the students' mathematics in the fourth grade of SDN 3 Metro Pusat. This research method is the non-equivalent control group design with the type of research that is experimental research. Technique of collecting data is done by test technique and student response questionnaire. Quantitative data analysis techniques. The results showed that there is a positive and significant influence on the SAVI learning model of mathematics learning outcomes of fourth grade students of SDN 3 Metro Pusat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 3 Metro Pusat. Metode penelitian ini adalah the non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dengan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 3 Metro Pusat.

Kata kunci : hasil belajar, matematika, somatis auditori visual intelektual

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Ahmad. 2013. Pembelajaran Matematika di Indonesia Masuk Peringkat Rendah. Diakses di https://nasional.sindonews.com/read/804091/15/pembelajaran-matematika-di-indonesia-masuk-peringkat-rendah-1384111047 pada 12 November 2016

Arikunto, Suharsimi. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Mustafa, ER. The Effects of Active Learning on Foreign Language Self-Concept and Reading Comprehension Achievement. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Vol. 3, No. 4, October, 2012.

Meilanikasim. 2008. Macam-macam Model Pembelajaran untuk Mengatasi Masalah Pendidikan IPS di SD. Https://meilanikasim.wordpress.com /2008/11/29/model-pembelajaran-ips/. Diakses pada tanggal 11 Desember 2016 pukul 17:27 WIB.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, Melvin L. 2016 Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

__________. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.