Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika

Ramadiani Ramadiani, Supriyadi Supriyadi, Alben Ambarita

Abstract

The research purpose was to find out the influence of the cooperative learning model make a match type to mathematics study results. The type of this research was experiment. The research design was non equivalent control group design. The data collection technique used test technique and questionnaire. Thedata analysis used normality, homogeneity, and hypothesis of program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23. The result of the testing of hypotheses showed there is an influence of cooperative learning model make a match to mathematics study results of IV grade student of SDN 4 Metro Utara.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23. Hasil pengujian hipotesis diperoleh ada pengaruh yang signifikan pada model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara.

Kata kunci: make a match,hasilbelajar, matematika.

References

Adjie, Nahrowi. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press.

Artawa, Robet. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD di Gugus I Kecamatan Selat. Jurnal Pedagogik. Vol. X, No. 3. Hal 76-82. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/837. (diakses pada 5 Desember 2016, pukul 06.43 WIB).

Depdiknas. 2006. Standar Isi Kurikulum KTSP 2006. Jakarta: Depdiknas.

Hasbullah. 2011. Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta:

Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kasmadi, Sunariah, dkk. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih dan Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalis Guru. Surabaya: Kata Pena.

Parwata, I Made Saptria. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Pedagogik. Vol 4, No. 6. Hal 65-80. http://ejournal.undiksha.ac.id/iindex.php/JJPGSD/article/view/990. (diakses pada 5 Desember 2016, pukul 08.30 WIB)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademedia Group.

Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apersiasi Prosa. Malang: Surya Gemilang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.