Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa

Muthyara Dewi, Riswandi Riswandi, Fitria Akhyar

Abstract

The problem in this research was the low of student learning result of IV class. This study aimed to determine the effect of PjBL model on student learning outcomes of IV class. This research was a quasi-experimental research with posttest only control group design design. Data collecting method used is observation and test. Tekhnik data analysis used in this study is t independent test sample t test. To see differences in student learning outcomes of experimental class and control class. The results showed that there is influence of the use of learning model of PJBL to student learning outcomes. It showed the result t arithmetic of 4.174> t table that is equal to 1.99.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control group desain. Metode pengumpuan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Tekink analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t independent sampel t test. Untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar siswa. Hal ini di tunjukan dengan hasil t hitung sebesar 4,174 > t table yaitu sebesar 1,99.

Kata kunci : hasil belajar , model pembelajaran PjBL, pembelajaran terpadu

References

Mahanal Susriyanti. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Skripsi. Universitas Semarang.

Minhatul Maula Milla (2014), Pengaruh Model PjBL Terhadap kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa VII Pada Materi Pengelolaan lingkungan. Skripsi. Jember

Permendikbud No. 57 tahun 2014 pengganti Permendikbud No. 67 Tahun 2013 tentang kurikulum 2013

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta PT Bumi Aksara.

Sri Iswari Retno. 2013. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Skripsi. Universitas Semarang

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Dasar. Jakarta. Rajawali Pers.

UU nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.

Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif. Jakarta. Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.