Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD

Rani Setia Prasanti, Lilik Sabdaningtyas, Nurlaksana Eko Rusminto

Abstract


The objective of this research was to develop social attitude assessment instrument in thematic learning for Grade IV of elementary school. This was a research and development or an R&D research. Data were collected with questionnaires and observations. Research samples were 9 teachers of grade IV in Sukarame 1 public elementary school and Harapan Jaya 2 public elementary school. Data were analyzed with validity and reliability tests. The research results showed that social attitude assessment instrument in the thematic learning had been proper and this was indicated by the average of validity test result showed that each instrument point gained rpbi >rt, where all instrument points were valid in the reliability test by showing result of 0.643, so that the instrument was highly reliable.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial yang tepat pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di SD N I Sukarame dan SD N 2 Harapan Jaya yang berjumlah 9 guru. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa instrumen penilaian sikap sosial pada pembelajaran tematik sudah tepat dibuktikan dengan hasil uji validitas instrumen diperoleh nilai tiap butir instrumen yaitu rpbi > rt, sehingga keseluruhan butir instrumen dikatakan valid dan hasil uji realibilitas menunjukan hasil sebesar 0,643 maka  instrumen memiliki reliabilitas yang tinggi.

Kata kunci : instrumen penilaian, sikap sosial, pembelajaran tematik.

 


Full Text:

PDF

References


Anggraheni, Nadya. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik untuk Mengukur Sikap Sosial. Junal Radiasi Vol.7 No.2 ISSN: 2088-6247. Hal 136-151.

http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasiarticle2347. Diakses pada 12 Desember 2016.

Aprilia, Nani. 2014. Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Microteaching Berbasis Perspektif Ketrampilan Dasar Mengajar. Jurnal Bioedukatika Vol.2 No.2 tahun 2014 ISSN: 2338-6630. Hal 34-48.

http://researchgate.net/publishjournal/301564914. Diakses pada 9 Februari 2017.

Arikunto,Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian Suatu Praktek.. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktek.. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syarifudin. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Black, Paul. 1998. Assessment and Classroom Learning. Interntional Journal Assessment in Education, Vol 5 No.1 1998 ISSN: 0969-594X. Hal 7-27.

http://www.tandfonline.com/action/journalinformation?journalcode=caire20 Diakses pada tanggal 24 september 2016.

Darmansyah. 2014. Teknik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 08 Surau Gudang Naggalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dsar Vol.1 No.2 tahun 2014 ISSN: 2085-7519. Hal 10-17

http://dx.doi.org/10.5539/ies.v8n12p108. Diakses pada tanggal 11 agustus 2016.

Fatonah. 2013. Developing an Authentic Assessment Model in Elementary School Science Teaching. Interntional Journal Assessment in Education, Vol 5 No.3 1 ISSN: 0969-594X. Hal 91-107.

http://www.tandfonline.com/action/journalinformation?journalcode=caire20 Diakses pada tanggal 2 Agustus 2017.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.54 tahun 2013 tentang standar kompetensi lulusan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kemendikbud.

Mardapi, Djemari. 2007. Teknik Penyusunan Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Mardaphi,Djemari. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Muhardjto. 2016. Pengembangan Penilaian Sikap Dengan Teknik Observasi, Self Assessment, dan Peer Assessment Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Vol.1 No.1 tahun 2016 EISSN: 2501-471X. Hal 45-51. http//www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/16b,muhardjito.pdf . Diakses pada tanggal 4 November 2016.

Nowreyah, Al-Nouh. 2014. EFL Primary School Teacher Attitudes, Knowledge and Skills in Alternative Assessment. International Journal Education Studies, Vol.4 No.1 2014 ISSN 1913-9020. Hal 68-84

http://dx.doi.org/10.5539/ievs7n5p68. Dikases pada tanggal 24 september 2016.

Pantiwati. 2014. Authentic Assessment for Improving Cognitive Skill, Critical Creative Thinkingand Meta-Cognitive Awareness. International journal of Evaluationand Research Education,Vol 3 No.1 ISSN 2084-7461. Hal 142-151. http://dx.doi.org/10.5539/ies.v8n12p108. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2017.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Retnawati, Heri. 2016. Validitas, Realiabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang- Undang Dasar 1945 Pasal 28 C. Jakarta: Kemendikbud:

Wirawan, Sarlito. 2003. Psikologi Sosial, Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.