Pengaruh Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Ervina Ervina, M. Thoha BS. Jaya, Pargito Pargito

Abstract


The purpose of this research were develop of teaching materials of handouts , find out the influence of the effectiveness of development handouts, knows the difference interest learn math between students who use handouts and students who do not use of teaching materials, find out the difference learning achievements mathematics students who use handouts with students who do not use. The kind of research was the development Population in research are always 81 students. The technique sampling was purposive sampling , class va were 27 to treatment and class vc were 27 for the class control, so that sample were 54 students. Data collection method by using questionnaire and tests and analyzed in regression and the t to the distinction the average. The conclusion of the research is the development of teaching materials in the form of handouts have a good effect with the average of student learning interest obtained score 79.444, learning achievement significance of 80.296 with very good criteria.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa handout, mengetahui pengaruh efektivitas pengembangan handout, mengetahui perbedaan minat belajar matematika siswa yang menggunakan pengembangan handout dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar, mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan handout dengan siswa yang tidak menggunakan. Jenis penelitian adalah pengembangan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa. Pengambilan sampel secara teknik purposive sampling, Kelas VA berjumlah 27 untuk perlakuan dan kelas VC berjumlah 27 untuk kelas kontrol, sehingga sampel berjumlah 54 siswa.  Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan tes dan dianalisis secara regresi dan uji t untuk perbedaan rata-rata. Kesimpulan penelitian adalah pengembangan bahan ajar berupa handout berpengaruh  dengan rata-rata minat belajar siswa diperoleh skor 79,444, signifikasi prestasi belajar sebesar 80,296 dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, minat, dan prestasi matematika


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Brock, Sabra. 2011. Empowering Power Point : Slides and Teaching Effectiveness. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management. Volume 6, No 2. Halaman 85-94.

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Elpira, NiraAnik Ghufron. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 2, No. 1 Hal. 94-104. Program Pascasarja Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Gagne, Briggs dan Wager. 1992. Principle of Instructional Design. New York: Second. Edition,Holt, Rinehart and Winston.

Muliawati, Dina Ika. 2016. Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium Smk Kimia Industri. Program Studi Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 5, No. 1,2016 (hal 37-44) http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains.

Nelson-Wong, Erika . 2013. Influence Of Presentation Handout Completeness On Student Learning In A Physical Therapy Curriculum. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 13, No. 3, August 2013, pp. 33–4.

Sardiman, AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widodo, dan Jasmadi.2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.