Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa SD

Ade Kurniawan, Darsono Darsono, Mugiadi Mugiadi

Abstract


The purpose of this study is to determine the positive and significant influence on the learning model pair check of PKn lerning outcomes of five grade students of SDN 1 Metro Timur in academic 2016/2017. The kind of research this was research experimental. Technique of collecting data is done by test technique. The data collection tool is a question of multiple choice which has been previously tested and analyzed with validity and reliability. Quantitative data analysis techniques. The results showed that the average value pretest of the class V A is 78,5 while the average value of the class V B is 72,7. Based on the results of the hypothesis test shows the value sig (2-tiled) 0,026, (0,026< 0,05) so that H0 rejected. From these calculations can be obtained that the model of pair check can affect student learning outcomes.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran pair check terhadap hasil belajar PKn siswa  kelas V SDN1 Metro Timur tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas V A adalah 78,5, sedangkan nilai rata-rata kelas V B adalah 72,7. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,026, (0,026 < 0,05) sehingga H0 ditolak. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran pair check dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran pair check, PKn.


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta.Rineka Cipta.

Edy Setiyo Utomo, Fatchiyah Rahman. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa.Diambil kembali http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/PM-7.pdf. Diakses pada tanggal 18 Februari 2017 pukul 14.00 WIB.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperatif Learning. Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Kurniasih Imas & Seni Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas Guru. Yogyakarta.Kata Pena.

Loreta, Nita. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Diambil kembali http://repository.upi.edu/20401/. Diakses pada tanggal 10 Maret 2017 pukul 15.00 WIB.

Putri Ayu Widiadnyani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Pair Cheks Berbantuan Media Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 5 Pedungan Tahun Ajaran 2013/2014. Diambil kembali dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=138710&val=1342. Diakses pada tanggal 18 Februari 2017 pukul 14.00 WIB.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta.Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajran di Sekolah Dasar. Kencana. Jakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu konsep, strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara.

Winaputra, Udin. 2014. Pendidikan PKn di SD. Banten. Universitas Terbuka.

Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.