Perbandingan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery terhadap Hasil Belajar IPS

Milatus Solikhah, Asmaul Khair, Siswantoro Siswantoro

Abstract


Problems that arise in the learning process, especially on social studies subjects in grade V SDN 10 Metro Timur was the low learning outcomes of students in VA class with an average value of 63 and in class VB with an average value of 61.50. This research was conducted by using inquiry model and discovery learning model with the aim to see the comparison of student learning outcomes. The type of research used is experimental research of comparative model (comparison) of two sample groups. The instruments used to collect data in the form of plural choice of 20 items in the form of pretest and posttest. Hypothesis test results using posttest value indicates that Ho was rejected, so it can be concluded that there was a significant difference between inquiry and discovery class.

 

Masalah yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 10 Metro Timur adalah  rendahnya hasil belajar siswa pada kelas VA  dengan nilai rata-rata sebesar 63 dan pada kelas VB dengan nilai rata-rata sebesar 61,50. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran discovery dengan tujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen model komparatif (perbandingan) dua kelompok sampel.Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal pilihan jamak sebanyak 20 butir dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan nilai posttest menunjukan bahwa Ho di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas inquiry dan discovery.

 

Kata kunci: inquiry, discovery, hasil belajar


References


Anggoro, M. Toha. 2007. Metode Penelitian. Universitas Terbuka. Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan.2006. Pedomanan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuaan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.BSNP. Jakarta.

Cahyo, Ditto Dwi. 2014. Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Aktivitas Senam.Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

_________. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama. Bandung.

Manthovani, Damanta. 2016.Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Dengan Discovery Pada Materi Optik. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta. Bandung.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Subyantoro, Arief dan Suwarto, FX. 2007. Metode & Teknik Penelitian Sosial. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

________. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar.Kencana. Jakarta.

Tim Penyusun.2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sistem PendidikanNasional. Jakarta.

__________. 2006.Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan PendidikanDasar dan Menengah.Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Winataputra, Udin .S. 2009.Materi dan Pembelajaran IPS SD. UniversitasTerbuka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.