Pengaruh Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The problem in this research was the low of IPS learning outcomes and the teacher has not applied Make A Match model. The purpose of this study was to determine the effect of Make a Match learning model on learning outcomes. This research method was quasi experiment method with Nonequivalent Control Group Design. Data collection techniques was observations and tests. Technique of data analysis in this research used t-test. The results showed that there is influence of Make A Match model on IPS learning outcomes of third grade students of SD Negeri 1 Way Kandis academic year 2016/2017.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS dan guru belum menerapkan model Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 1 Way Kandis tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: model make a match, hasil belajar, IPS
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.