Pengaruh Media Realia Pada Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Sinta Dinalis, Nazaruddin Wahab, Loliyana Loliyana

Abstract


The problems in this study is the low scores on Social Science subject students of Elementary School 2 Gedong Air. This study aims to determine the influence and the differences of media realia on learning integrated against student learning outcomes. The research is an experimental research using design nonequivalent control group disign. The population of this study were all students of the class IV students of Elementary School 2Gedong Air as much 55 students. The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by using simple regresional formula and t-test. There is a significant effect of learning using media realia on student learning outcomes and there are differences in learning outcomes using media realia and conventional learning class IV students of Elementary School 2Gedong Air academic year 2016/2017.

Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya hasil belajar siswa SD Negeri 2Gedong Air. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh dan perbedaan media realia pada pembelajaran terpadu terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Gedong Air sebanyak 55 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan menggunakan rumus Regresi sederhana dan t-test. Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan media realia terhadap hasil belajar siswa serta ada perbedaan hasil belajar menggunakan media realia dan pembelajaran konvensional kelas IV SD Negeri 2 Gedong Air tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran terpadu, media realia.


References


Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Jakarta: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 Tentang KD dan Struktur Kurikulum SMP/MI. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

__________. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 3 pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.